Skip to main content

Tips dan Trik Keyboard iPhone yang Wajib Diketahui

Tips dan Trik Keyboard iPhone yang Wajib Diketahui

Tips dan Trik Keyboard iPhone yang Wajib Diketahui - Bagi sebagian besar para pengguna smartphone, mengetik teks dengan menggunakan keyboard virtual pada ukuran layar ponsel iPhone yang mungil ini memang menjadi hal yang cukup menantang.

Sehingga banyak pengguna yang seringkali menjadi salah ketik kata atau kalimat, apalagi pada saat sedang terburu-buru dalam membalas pesan-pesan dari atasan ataupun pesan dari teman.

Meskipun demikian, banyak pengguna yang memiliki pengalaman lain yang tentunya berbeda-beda saat mengetik teks di ponsel iPhone, seperti kamu bisa membuat pesan, email, dan tweet dengan lebih akurat dan menarik dengan menggunakan keyboard bawaan ponsel ketimbang menggunakan keyboard buatan pihak ketiga.

Dan berikut di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang wajib kamu ketahui tentang keyboard bawaan pada ponsel iPhone ini.

1. Ubah Tampilan Font

Dengan adanya update-an iOS 13, maka kamu dapat mengunduh dan juga meng-install berbagai jenis font untuk dapat membuat teks menjadi terlihat unik dan menarik pada saat berkirim pesan.

Berbekal dengan jenis font yang lebih beragam, maka dokumen kamu pun dapat terlihat menjadi lebih modern, formal, ataupun menjadi lebih ceria dari biasanya.

Bagi pemilik ponsel dengan iOS dan iPadOS, kamu bisa meng-install font dengan cara men-download aplikasi font, seperti aplikasi Fonteer dan aplikasi Font Diner di App Store.

2. Tap dan Hold

Kalau kamu lakukan tap (pilih) dan hold (tahan) pada huruf-huruf tertentu di keyboard ponsel, maka akan muncul beberapa karakter abjad alternatif.

Dan pada saat memilih emoji di keyboard, kamu juga akan mendapatkan bermacam alternatif warna kulit untuk emoji dan dapat dipilih sebagai tampilan emoji default.

3. Pakai Tangan Dominan

Ada saatnya yang membuat kamu akan menjadi terlalu repot ketika mengetik keyboard dengan menggunakan kedua tangan. Untuk itu, kamu juga bisa mengubah pengaturan pada keyboard di ponsel iPhone, sehingga keyboard bisa digunakan hanya dengan menggunakan satu tangan saja (tangan kiri atau tangan kanan).

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan kamu tap pada ikon panah kecil untuk mengakses pengaturan keyboard di sisi kanan atau kiri yang akan menunjukkan lokasi keyboard berada.

4. Ubah Suara ke Teks

Fitur ini merupakan kemampuan yang bisa mengubah suara dari pengguna menjadi teks. Untuk mengaktifkan fitur ubah suara menjadi teks ini, silahkan buka menu Settings > General > Keyboard dan kemudian silahkan aktifkan opsi "Enable Dictation."

5. Sembunyikan Keyboard

Ketika membuka sebuah dokumen, tentunya seringkali bentuk dari keyboard ponsel yang memakan tempat hampir setengahnya dari layar iPhone ini menutupi dokumen. Untuk itu, jika merasa terganggu dengan hal ini, maka kamu bisa menyembunyikan keyboard tersebut dengan cara men-swipe-nya ke bawah layar ponsel.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar