Skip to main content

Lindungi Diri dari Virus Corona Dengan Cuci Tangan

Lindungi Diri dari Virus Corona Dengan Cuci Tangan

Lindungi Diri dari Virus Corona Dengan Cuci Tangan - Virus corona telah membuat dunia gempar saat ini, mulanya menyerang China dan kemudian menyebar ke bagian dunia lainnya. Pada hari Jumat (31/1/2020) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status darurat untuk kesehatan publik di seluruh dunia atas kasus penyebaran virus corona ini.

Virus corona disebut sebagai virus jenis baru yang dikenal dengan nama 2019-nCoV. Virus ini dapat menyebabkan penyakit yang serius, masalah pada pernapasan, sampai dapat menyebabkan kematian. Gejala-gejala yang terlihat dari orang yang terinfeksi virus corona ini di antaranya yaitu demam disertai batuk dan sesak napas. Dan pada kasus yang lebih parah lagi, virus corona ini dapat menyebabkan pneumonia.

Namun hingga saat ini, belum ada atau belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah 2019-nCoV ini. Kendati demikian, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari terinfeksi virus ini.

Perlindungan yang terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan dan selalu berhati-hati saat kontak wajah dengan seseorang. Pada umumnya, virus corona ini dapat menyebar melalui tetesan air liur yang kemudian tersentuh oleh orang lain dan akhirnya menyebar.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk memproteksi diri dari virus corona:

  • Sering-seringlah mencuci tangan paling tidak selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Pembersih yang berbasis alkohol juga dapat bekerja tanpa menggunakan sabun dan air.
  • Hindari untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan menggunakan tangan yang belum dicuci.
  • Tetap selalu berada di dalam rumah ketika Anda sakit.
  • Tutuplah mulut ketika batuk atau bersin dengan menggunakan tisu dan kemudian buanglah tisu ke tempat sampah.
  • Selalu membersihkan benda-benda dan permukaan yang sering disentuh.

Selain beberapa rekomendasi di atas, WHO juga merekomendasikan agar menghindari dalam mengkonsumsi produk-produk hewani atau masakan daging setengah matang.

Anda juga diusahakan untuk menggunakan masker wajah pada saat bepergian. Namun kendati demikian, masker juga tidak sepenuhnya bisa menyaring partikel-partikel virus kecil, dan masker juga tetap saja membuat bagian mata selalu terbuka. Karena pada beberapa kasus yang terjadi, virus corona ini juga dapat menginfeksi melalui mata.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar