Skip to main content

Hamil dan Menyusui Mencegah Wanita dari Menopause Dini

Hamil dan Menyusui Mencegah Wanita dari Menopause Dini

Hamil dan Menyusui Menunda Wanita dari Menopause Dini - Masa menopause adalah suatu kondisi yang biasanya baru akan dialami oleh wanita yang berusia sekitar awal 50-an, namun hal ini terkadang dapat juga muncul lebih awal.

Hal ini jika datang lebih awal tentu saja bisa mempengaruhi pada kualitas hidup karena kondisi menopause dini akan dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat mengganggu.

Menopause dini atau menopause terjadi saat usia wanita belum sampai pada usia 45 tahun ini ternyata dialami oleh sekitar 3 persen perempuan.

Pemicunya tentu saja beragam, namun faktor gaya hidup yang tidak sehat sangat berperan besar dalam hal ini.

Menurut sebuah penelitian yang terbaru menunjukkan bahwa risiko untuk wanita mengalami kondisi menopause dini tersebut ternyata lebih rendah terjadi pada wanita yang pernah hamil, pernah melahirkan, dan juga pernah menyusui secara ekslusif.

Kesimpulan penelitian tersebut dihasilkan dari analisis data dengan peserta lebih dari 108.000 orang perempuan di Amerika yang sedang mengikuti program studi Nurses’s Health Study II yang dimulai sejak tahun 1989 yang lalu.

Dalam studi kasus, ternyata wanita yang pernah mengalami hamil sebanyak tiga kali atau lebih dan juga pernah memberi ASI secara eksklusif selama 12 bulan, dapat memiliki risiko sebanyak 32 persen lebih rendah untuk mengalami menopause dini jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki jumlah anak yang sama tetapi hanya melakukan menyusui selama satu bulan saja.

Ternyata kehamilan dan menyusui tersebut secara umum bisa mencegah atau bisa menunda ovulasi dan juga bisa memperlambat penipisan pada sel telur, yang selanjutnya akan menurunkan risiko mengalami menopause dini.

Menopause dini yang terjadi tentu saja dapat menyebabkan beberapa gejala yang dapat menggangu, misalnya saja seperti serangan panas yang dapat membuat tubuh akan selalu merasa kegerahan, dapat berkeringat yang terjadi pada malam hari, menyebabkan vagina menjadi kering, sampai dengan mood yang naik turun tidak stabil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar